Selasa, 16 April 2019

Takjil Gratis Buat Yang Puasa Senin Kamis


Hari kamis lalu saya pergi ke Mall Kota Kasablanka (Kokas) karena ingin bertemu dengan teman-teman. Saya sampai di Kokas tepat ketika adzan maghrib berkumandang. Setelah mengabari teman kalau saya sudah sampai, saya memutuskan untuk melaksanakan sholat maghrib terlebih dahulu di masjid Kokas yang berada di lantai dasar. Masjid AL-Ikhlas namanya, posisinya berada di depÄn restoran Marugame Udon. Dari dulu masjid Kokas memang terkenal rame sekali jika masuk jam sholat maghrib. Padahal masjid Kokas sudah terbilang besar jika dilihat dalam ukuran masjid yang berada di dalam mall. Termasuk sore itu, keadaan masjid sangat ramai, bahkan terdapat antrian memanjang ketika saya akan memasuki masjid. Ketika akhirya saya sampai di teras masjid, di tempat kursi yang berjejer dan tempat penitipan sepatu.

Di tengah teras masjid terdapat dua meja yang di atasnya terdapat beraneka macam kue dan makanan ringan lainnya juga air mineral gelas dan teh manis. Wahh ternyata itu adalah hidangan untuk buka puasa,  hari kamis adalah waktu untuk puasa sunnah (tidak wajib) bagi ummat islam. Dalam islam terdapat dua hari puasa sunnah yang biasa dilakukan serang muslim dalam satu minggu, yaitu puasa senin dan kamis. Karena kebetulan hari itu saya juga sedang berpuasa dan baru membatalkan puasa hanya dengan air mineral saja, maka saya mengambil bolu yang tersedia di sana.
Saya duduk di kursi sambil menyantap makanan saya, di sekeliling saya beberapa orang juga tampak sedang menyantap makanannya sedangkan suara iqamat sudah terdengar dari dalam masjid. Selesai dengan bolu yang ada di tangan saya, saya mengambil satu lagi bolu pisang sambil bertanya ke perempuan yang dari tadi terlihat sibuk menata makanan di meja. Menurut Mba yang ternyata bagian dari DKM masjid, makanan untuk buka puasa itu memang selalu disediakan setiap senin dan kamis. Makanan tersebut memang diperuntukkan bagi mereka yang hari itu sedang berpuasa sunnah. aktivitas menyediakan makanan untuk berbuka puasa sudah setahun dilakukan. Walau memang hidangan diperuntukkan bagi mereka yang berpuassa, namun tak jarang juga yang tidak berpuassa ikut menyantap hidangan yang disediakan. Jadi kalau kalian sedang berpuasa senin kamis, sesekali coba suasana buka puasa dengan menu yang disediakan oleh Masjid AL Ikhlas Mall Kota Kasablanka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar