Selasa, 18 Februari 2020

Studio Gamplong, Tempat WIsata Baru di Yogyakarta

Tanggal 10 November 2019 lalu saya berkesempatan mengunjungi Studio Gamplong di Yogyakarta. Itu loh lokasi syuting film punyanya Hanung Bramantyo yang menjadi lokasi syuting film-film keren Tanah Air mulai dari Sultan Agung, Habibie Ainun dalm film yang terbaru Bumi Manusia. Walau baru diresmikan tahun 2018 lalu, sebenarnya Studio Gamplong ini sudah mulai dibangun sejak Oktober 2017 lalu untuk keperluan syuting film Sultan Agung, Nah pembangunan Studio Gamplong ini tak lepas dari inisiasi pihak Mooryati Soedibyo, yang ingin berkontribusi bagi bangsa dengan menghadirkan sebuah film bertemakan sejarah. Nah dibangunlah Studio Gamplong diatas tanah seluas 2 hektar, dengan bangunan abad 16 dan 17 untuk menunjang proses syuting. Walau diperuntukkan untuk syuting, namun lokasi Studio Gamplong memang dari awal diperuntukkan untuk umum.

Benteng yang terdapat di dalam Studi Gamplong

Studio Gamplong yang juga dijuluki sebagai Mini Hollywood ini berada di Kampung Gamplong, Sleman Yogyakarta. Berlokasi 16 Km dari Pusat Kota Yogyakarta, dengan waktu tempuh lebih kurang 50 menit berkendara. Tidak ada tarif khusus untuk masuk Studio Gamplong, kita hanya perlu membayar seikhlasnya. Namun jika pengunjung ingin masuk ke  Museum Bumi Manusia yang baru saja diresmikan Agustus lalu, pengunjung harus membayar Rp. 10.000. Di Museum Bumi Manusia terdapat rumah Nyai Ontosoroh, delman Darsam, gerobak susu dan lain-lain. Namun pengunjung hanya diizinkan mengeksplorasi lantai satu dari rumah ibunya Anneliese tersebut.

Rumah Anneliese tampak belakang

Bagi pengunjung yang membawa kamera ke dalam Lokasi Gamplong, wajib membayar kontribusi sebesar Rp. 10.000 untuk mendapatkan permit access. Jika ketahuan membawa kamera namun tidak memiliki permit access, pengunjung akan dikenakan denda sebesar Rp. 100.000. jadi mending bayar kan, ah lagipula 10.000 ngga sebanding kok dengan foto bagus yang bisa kamu pamerkan di media sosialmu hehe.




Di dalam lokasi Studio Gamplong, saya seakan dibawa kembali ke masa dulu dengan bangunan-bangunan model dulu beserta cara penulisan yang terdapat di tiap bangunan. Rasanya keren saja gitu berjalan-jalan dengan pemandangan yang biasanya saya saksikan di dalam film hehe. Semua lokasi bisa jadi spot foto yang keren menurut saya, hanya saja yaa pengunjungnya ramai sekali. Salah saya sih datang ketika weekend hehe. Atau mungkin karena masih baru juga, jadi antusiasme masyarakat masih membludak. Waktu terbaik mengunjungi Studi Gamplong menurut saya sore hari, karena tidak terlalu panas dan sinar matahari juga sudah ramah untuk berfoto hehe. Jadi apa lagi nih yang mau kalian ketahui soal Studio Gamplong? Sudah semua? Kalau begitu kapan mau main ke Studio Gampong?

30 komentar:

  1. Sebelum film bumi manusia tayang, aku sudah datang ke studio alam gamplong ini. Jadi ketika aku nonton film tersebut, aku sambil membayangkan setiap tempat yang digunakan dan sudut pengambilan gambar diambil dari sebelah mana. :D

    Dulu pas ke sana, museum bumi manusia atau rumah nyai ontosoroh belum dibuka untuk umum.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Selalu penasaran sama studio gamplong setiap kali liat postingan Bia (istri Hanung) keliatannya emang unik gituu, kalau ke Jogja mau mampir aahhh

    BalasHapus
  4. Wahh aku mau nie main2 ke yogya lagi belum kesampaian ihhh. Wahh sekarang banyak yang baru ya termasuk studio gamplong, tempat wisata baru di yogyakarta bukan hanya malioboro aja ya kak. Nanti coba mampir deh ke studio gamplong kalau aku ke yogya

    BalasHapus
  5. Aku pengen ke Glampong, trus foto2 pake kebaya biar kaya ratunya Sultan Agung...

    BalasHapus
  6. Haha.. padahal tahun lalu pas ke jogja, sebelomnya udah googling tempat-tempat bagus di sana buat jadi lokasi hunting foto tapi ngga dapet artikel yang yang bahas studio gamplong..
    Coba kalo udah tahu, pasti penasaran mau kesana..hehe..
    Nice info!

    BalasHapus
  7. Aku udah liat ini di postingan temen-temenku, udah notice juga kalo ke Jogja harus kesanaa. Harusnya akhir tahun kemaren bisa ke Jogja sekalian ke studi gamplong ini. Mudah2an tahun ini kesampean buat kesini sekalian nostalgia sama suasana jogja

    BalasHapus
  8. Studio Gamplong udah masuk list kunjungan kalo main ke jogja ni...kayaknya seru aja hidup di jaman dlu gitu ya.. Apalagi kalo udah nonton film bumi manusia.

    BalasHapus
  9. Wow jadi tempat wisata ya ternyata.. Kirain semua studio semacam itu dibongkar setelah film selesai

    BalasHapus
  10. Ini cerita nanggung amat sih, pembaca kesel kok dikit banget padahal penasaran sama Studio Gamplong huhu

    BalasHapus
  11. Wah, studio Gamplong masuk wishlist kalo main lagi ke jogja nih. Lokasinya akan bikin instagram fresh nih sepertinya.

    BalasHapus
  12. Yang punya tempat ngabisin berapa dolar nih? Pasti lumayan banyak atau malah belum balik modal dari pembuatan filmnya?

    Kalau inget tempat ini, inget Mas Hanung, dan jadi inget beberapa tahun terakhir film-filmnya seakan kejar tayang dan kurang nikmat disantap.

    Eh tapi kamu kesana sama siaposeh? Sama si bule yaak? xixi

    BalasHapus
  13. wah keren spot fotonya kak..bulan dpn sy ke Yogya sptinya hrs mampir ke sini spy bisa foto2 hehe maksh ya ceritanya..

    BalasHapus
  14. Ups.... semrnarik itu yah? mesti banget nih mampir ke studio gamplong kalau ke jogja. Mungkin setelah itu saya jadi tertarik baca buku atau nonton film yang mengambil lokasi syuting di sana.

    BalasHapus
  15. dari gambar luarnya ajah udah memikat mata, jadi penasaran sama setiap isi dari bangunannya ada apa ajah ya hehe..

    BalasHapus
  16. bikin pengen maen kesini ihhh tulisannya, makasih bebbb

    BalasHapus
  17. gamplong, okesip mari kita mampir sanah, makasih reviewnya ka

    BalasHapus
  18. Wah, mantap nih Kak informasinya. Jadi pengen main ke Studio Gamplong juga deh kalau ke Jogja.

    BalasHapus
  19. Tahun kemarin aku ke Yogyakarta dan gak tahu soal studio Gamplong hehehe. Wah kalo tahu ada tempat wisata baru studio gamplong, pasti bakalan masukin ke list buat dikunjungin.

    Mau ah kapan-kapan kalau ada kesempatan ke Yogyakarta lagi datang ke studio gamplong.

    BalasHapus
  20. Wah, ternyata syutingnya di sini ya film keren-keren ituuu
    Ini jam operasionalnya jam berapa?
    Mau deh bawa kamera dan puas-puasin pepotoan juga

    BalasHapus
  21. Wah bertambah lagi nih tempat wisata di Jogjakarta, Studio Gamplong. Sepertinya keren nih.

    BalasHapus
  22. Udah sering denger nih tentang studio yg sering dipake buat syuting. Lokasi yg bagus buat pepotoan dan kasih makan feeds sosmed. Hehhehe

    (DENY OEY)

    BalasHapus
  23. Wah ternyata suasana zaman dahulu yang di hadirkan di film Bumi manusia itu buatan ya. Lumanyan juga untuk object wisata Studio Gamplong, Tempat WIsata Baru di Yogyakarta. Biar ada pemasukan untuk menuttupi biaya produksi.

    BalasHapus
  24. Udah beberapa kali denger tentang studio ini. Tapi belum kesampaian main. Seru yaa. Ini semacam warner bross studio gitunya kalo di UK.

    BalasHapus
  25. Ternyata Studio Gamplong jadi tempat wisata baru di jogjakarta, penasaran pingin wisata ketempatnya yang dipake buat syuting film Bumi Manusia.

    BalasHapus
  26. Ohh ternyata ini toh studionya, beberapa kali lihat infonya dan belum kesampaian kesana.
    Referensinya bermanfaat sekali kak.

    BalasHapus
  27. Settingan tempatnya mirip bgt ya sama kondisi jaman dulu gitu, btw ada penyewaan kostum ala2 Annelise ga ka disitu? Hehe

    BalasHapus
  28. Aduuh..mupeng aku ke studio Gamplong inii..padepokan yang di film Sultan Agung ada nggak ya..duuh keknya kalaubke Jogja harus ke sini deh..

    BalasHapus
  29. Bagus sekali ini studio Gamplong, alternatif wisata baru di Yogyakarta. Beberapa setnya itu ada di film Bumi Manusia dan Habiebie Ainun. Aku sih pengen banget ke sini jadinya setalah baca tulisannya Rara.

    BalasHapus
  30. Studio Gamplong ini adalah salah satu tempat yang ingin saya kunjungi saat pergi ke Jogja.Salah satu set yang saya suka adalah set Habibie Ainun, jadi pingin auto bucin seperti Jefi Nichol dan Maudy Ayunda.

    BalasHapus