Jumat, 18 Januari 2019

Komodo dan Labuan Bajo

Coba, ada yang tau Labuan Bajo itu dimana? Ada yang tau kita bisa menemukan apa di Labuan Bajo? Iyappp, Labuan Bajo merupakan wilayah yang berada di Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Ketika orang dengar Labuan Bajo, yang ada di fikiran kita sudah pasti Komodo. Iya komodo yang masuk ke dalam keajaiban dunia itu adanya di Indonesia.

Komodo itu adalah hewan karnivora yang dapat kita temukan di wilayah NTT tepatnya di Kepulauan Komodo. Di Kepulauan komodo terdapat banyak sekali pulau, namun komodo hanya mendiami 2 pulau saja yaitu Pulau Rinca dan Pulau Komodo. Di pulau yang terdapat komodonya, komodo adalah predator utama. Sebenarnya yang berbahaya itu bukanlah gigitan komodo, melainkan air liurnya. Air liurnya komodo mengandung banyak sekali bakteri dan salah satu bakterinya dapat menjadi senjata yang mematikan, bahkan terhadap manusia.

Ada beberapa larangan yang diberlakukan ketika bertemu komodo, diantaranya menjaga jarak dari komodo (setidaknya berada 3-5 meter dari komodo), tidak berjalan sendiri yang arti ya kita harus berjalan berkelompok, tidak menggoyang goyangkan tas, dan juga perempuan yang sedang menstruasi sebaiknya tidak bertemu komodo. Tapi belakangan perempuan yang menstruasi sudah bisa bertemu dengan komodo, karena komodonya sudah terlatih muehehe.

Ketika masuk ke pulau Rinca, kita harus menyewa guide. 80.000 adalah fee untuk guide yang akan memberikan kita banyak informasi juga menjaga kita selama perjalanan bertemu komodo. Dalam perjalanan melihat Komodo di pulau Rinca, terdapat 3 track yang bisa kita lalui. Yaitu Long track, Medium track Dan short track. Buat kamu yang tidak begitu suka tracking sebaiknya memilih short track. Karena ujung perjalanannya tetap sama, bukit dengan pemandangan laut dan perbukitan yang keren banget.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar